Logo Blog

Cara Submit Sitemap Ke Webmaster Tools 2015

Submit Sitemap 2015

Submit sitemap ternyata bukan hanya perlu untuk custom domain saja, tapi juga perlu bagi pengguna domain default platform blogspot. Saya sendiri juga baru tahu bahwa ini juga diperlukan untuk blog yang masih belum mengganti domainnya.

Seperti yang KompiAjaib.com jelaskan pada artikelnya, bahwa blogger secara otomatis akan mempunyai sitemap.xml yang mana bisa di akses dengan url http://namadomainmu.blogspot.com/sitemap.xml . Namun jika kita melakukan custom domain pada blogspot kita, maka secara otomatis pula sitemap.xml akan error pada custom domain.

Tapi tidak untuk tahun 2015 ini yang mana sitemap.xml sudah tidak error! lagi untuk pengguna custom domain. Tentunya hal ini sangat memudahkan para blogger masa kini, apalagi untuk blogger pemula seperti saya. Terima kasih Blogger...

Apa gunanya sitemap?
Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya.

Sebelum itu kalian baca ini dulu :
Cara Mendapatkan Kode Google Site Verification 2015
Mendaftarkan Blog Pada Google Webmaster

Untuk submit sitemap-nya silahkan klik Disini dan klik link blog yang ingin kalian submit. setelah memilih blog yang ingin kalian submit lalu klik pada Peranyarapan dan pilih Peta Situs.
Setelah itu klik Tambahkan/Uji Peta Situs lalu masukkan sitemap.xml dan klik Mengirim Peta Situs. Selesai,.. Selamat ngeblog!