Logo Blog

Mendaftarkan Blog Pada Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools adalah layanan gratis untuk webmaster dari Google. Layanan ini memungkinkan pencipta halaman web untuk memeriksa status mengindeks situs mereka dengan mesin pencari dan visibilitas mengoptimalkan.

Beberapa fitur yang dimiliki Webmaster Tools :
  • Kirim dan periksa peta situs (sitemap).
  • Periksa dan atur frekuensi pengindeksan, dan melihat seberapa sering Googlebot mengunjungi situs tertentu.
  • kata kunci yang digunakan untuk menemukan halaman Anda dan seberapa baik halaman ini muncul di pencarian google
  • Memproduksi dan menguji file robots.txt
  • Daftar link internal dan eksternal ke halaman situs.
  • Melihat statistik bagaimana Google mengindeks situs, dan kesalahan yang telah ditemukan.
  • Menetapkan domain pilihan (misalnya, membuat namamu.com lebih diutamakan daripada www.namamu.com), yang akan menentukan bagaimana URL situs muncul dalam hasil pencarian.
Selain itu, memungkin untuk menghubungkan alat Google ini dengan Google Analytics untuk mengukur situs yang lebih baik dan statistik terpadu.

Silahkan kalian klik Disini untuk mendaftarkan blog kalian ke webmaster tools. Setelah itu klik Tambahkan Properti seperti gambar berikut.
Webmaster Tools
Selanjutnya pada bagian verifikasi kepemilikan seperti gambar dibawah ini, kalian pilih Metode Alternatif atau lainnya yang kalian inginkan.
Disini saya memilih Metode Alternatif. lalu pilih pada Tag HTML copy meta tag tersebut lalu paste di bawah <head> atau sebelum <body>. Jika sudah kalian pasang meta tag tersebut lalu simpan template lalu klik Verifikasi pada Web Master Tools.
Google Webmaster Tools
Setelah kalian klik verifikasi maka akan ada keterangan "Selamat, Anda telah berhasil memverifikasi kepemilikan Anda." Disini klik Lanjutkan... kalian akan dibawa ke Dasbor dan mendapat satu pesan. disinilah kalian bisa memakai kebijakan Web Master Tools. sampai disini sudah selesai.
Selamat mencoba dan beraktifitas...